Definisi Dan Aplikasi RFID (Radio Frequency Identification)

Friday, August 10th 2012. | Artikel Elektronika, Teori Elektronika

Radio Frequency Identification (RFID) adalah teknologi wireless yang kompak. RFID berpotensi sangat besar untuk kemajuan perniagaan (commerce). RFID menggunakan chip yang dapat dideteksi pada range beberapa meter oleh pembaca RFID. Sebagai contoh RFID dapat menjadi barcode generasi berikutnya yang dapat digunakan untuk otomatisasi inventory control akan memberikan banyak kemudahan dan dapat mengurangi biaya dari pabrik ke distributor.

RFID merupakan teknologi yang masih baru, dan akan terus berkembang. Seiring dengan kemajuan teknologi rangkaian terintegrasi, maka dapat dipastikan bahwa tag RFID dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Kebutuhan akan tag RFID juga akan bertambah di waktu yang akan datang, karena kebutuhan akan proses yang berhubungan dengan identifikasi dan keamanan yang lebih nyaman, efisien, dan hemat waktu.

jual rfid,rfid indonesia,rfid adalah,modul rfid,harga rfid,cara kerja rfid,pengertian rfid,kartu rfid,teknologi rfid,rfid perpustakaan,harga rfid reader,rfid harga,apa itu rfid,jurnal rfid,rfid di indonesia,penggunaan rfid,implementasi rfid,sejarah rfid,harga rfid tag,kelebihan rfid,jenis rfid,definisi rfid,pengetian rfid,aplikasi rfid,manfaat rfid,kelebihan rfid,Modul TAG RFID

Pada artikel sebelumnya dibahas mengenai beberapa tipe sistem RFID, dan perkembangannya. Penggunaan RFID dengan berbagai macam arsitektur, dapat diimplementasikan dalam berbagai macam aplikasi.

Aplikasi RFID Sebagai Inventory Control

Sistem penanganan barang pada proses manufaktur dan distribusi yang efisien dan hemat waktu, dapat disediakan dengan sistem identifikasi yang cepat dan aman. Hal ini dapat dengan mudah direalisasikan dengan RFID, karena tidak memerlukan kontak langsung, maupun kontak optik. Dengan tambahan fitur anticollision sejumlah barang dapat diperiksa secara bersamaan. Pada aplikasi ini masalah lingkungan dan kecepatan merupakan peranan yang penting.

Aplikasi RFID Dalam Bidang Transportasi

Kenyamanan dan efisiensi waktu menjadi tawaran yang menarik untuk pengunaan RFID pada bidang transportasi, di mana penggunaan sistem identifikasi yang cepat diperlukan. Contohnya adalah penggunaan tag RFID untuk menandai bawaan penumpang, dan pengganti tiket sehingga dapat mencegah antrian yang panjang.

Aplikasi RFID Dalam Bidang Akses Kontrol

Contoh aplikasi pada bidang ini adalah sistem keamanan pada mobil, atau fasilitas tertentu, di mana untuk aplikasi ini diperlukan keamanan dengan level yang tinggi dan tidak mudah ditiru. Untuk kebutuhan ini dapat direalisasikan dengan generasi kedua tag RFID yaitu Digital Signature Transponder.

Perkembangan teknologi RFID terus dilakukan secara terus-menerus untuk perbaikan performa RFID, sehingga dapat menangani lebih banyak masalah anticollision, dapat beroperasi dengan daya yang rendah.

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Definisi Dan Aplikasi RFID (Radio Frequency Identification)" memberikan manfaat. Terima kasih

Berbagi Artikel "Definisi Dan Aplikasi RFID (Radio Frequency Identification)":

Buat Pesan Untuk Artikel "Definisi Dan Aplikasi RFID (Radio Frequency Identification)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
5+3= (Plus)