Arsitektur Dan Karakteristik Jaringan SDH (Synchronous Digital Hierarchy)

Saturday, October 10th 2015. | Teori Elektronika

Arsitektur Dan Karakteristik Jaringan SDH (Synchronous Digital Hierarchy) merupakan bagian yang harus dipahami dalam mempelajari kapasitas jaringan telekomunikasi. Berikut adalah uraian singkat dari arsitektur dan karakteristik jaringan SDH dalam bidang telekomunikasi. STM-1 (Synchronous Transport Module) adalah modul transport sinkron level-1. Sebuah frame tunggal STM-1 dinyatakan dengan terdiri dari sembilan baris dan 270 kolom. Frame ini dibentuk dari 2430 byte, setiap byte terdiri dari 8 bit. Frame STM-1 berisi dua bagian, bagian SOH (Section Overhead) dan bagian VC (Virtual Container) yang merupakan payloadnya atau informasi intinya. Frame SDH terlihat pada gambar berikut.

Gambar Frame STM-1 Dan SDH

Arsitektur Dan Karakteristik Jaringan SDH (Synchronous Digital Hierarchy),karakteristik jaringan SDH,arsitektur jaringan SDH,Synchronous Transport Module,STM-1,Section Overhead,SOH (Section Overhead),SDH (Synchronous Digital Hierarchy),Arsitektur Umum Jaringan SDH,Gambar Frame SDH,Jaringan akses SDH,Add and Drop Multiplexer,Gambar Jaringan SDH,Karakteristik Sinyal Synchronous Digital Hirearchy (SDH),Karakteristik sinyal SDH,Struktur frame dari STM-1

Arsitektur Umum Jaringan SDH

Level yang paling tinggi, jaringan transport adalah n x STM-1 (n x 155 Mbps) yang dihubungkan secara bersilangan oleh peralatan DXC 4/4 (DXC). DXC ini berfungsi untuk menyediakan tempat bagi interkoneksi hubungan hubungan jalur kawatnya (hardwire) serta pemeliharaan rutin maupun troubleshooting-nya.

Jaringan akses SDH umumnya tersusun dalam ring – ring STM-1. ADM 4/1 (Add and Drop Multiplexer) untuk mendemultiplek aliran STM-1 ke aliran E1 atau memultiplek aliran E1 ke dalam aliran STM-1. Mengacu pada gambar 2 jaringan SDH dibagi menjadi 2 lapisan yaitu lapisan transport dan lapisan akses. Lapisan transport terdiri dari peralatan-peralatan DXC yang berlokasi di sentral-sentral telepon serta koneksi – koneksi kapasitas tinggi diantara sentral – sentral telepon. Sedang lapisan akses terdiri dari peralatan ADM yang berlokasi di sentral – sentral telepon / kabinet – kabinet di jalanan yang merupakan penyedia lebar pita saluran bagi para user.

Gambar Jaringan SDH

Gambar Jaringan SDH,Jaringan SDH,teori Jaringan SDH,struktur Jaringan SDH

Karakteristik Sinyal Synchronous Digital Hirearchy (SDH)

Karakteristik sinyal SDH adalah sebagai berikut : Bit Rate dasar (CCITT G. 707-708-709) : 155,2 Mbps (STM-1), bit rate untuk tingkatan yang lebih tinggi (STM-N) : N x 155,2 Mbps . Nilai N dapat bernilai N = 4 atau N = 16. STM = Syncronous Transport Module.

  1. Jaringan transmisi yang sinkron dengan adanya clock acuan
  2. Multiplexing ( penggabungan sinyal) dengan teknik pointer.
  3. Dimungkinkannya transmisi sinyal PDH melalui teknik SDH.
  4. Struktur frame dari sinyal Syncronous Transport Module-N (STM-N) identik dengan struktur frame dari sinyal Syncronous Transport Module-1 (STM-1), dibentuk dengan cara multiplex byte per byte.

Berbagi Artikel "Arsitektur Dan Karakteristik Jaringan SDH (Synchronous Digital Hierarchy)":

Artikel Terkait "Arsitektur Dan Karakteristik Jaringan SDH (Synchronous Digital Hierarchy)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Arsitektur Dan Karakteristik Jaringan SDH (Synchronous Digital Hierarchy)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Arsitektur Dan Karakteristik Jaringan SDH (Synchronous Digital Hierarchy)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
2+4= (Plus)