Aplikasi Sensor Gas LPG Figaro TGS2610

Sensor gas LPG figaro TGS2610 merupakan komponen elektronika yang mampu mendeteksi keberadaan gas LPG (Propane dan Butane) disekitar peletakan sensor tersebut. Gas LPG sering digunakan untuk kebutuhan memasak baik dalam skala rumah tangga maupun industri. Dengan menggunakan sensor gas figaro TGS2610 ini kita dapat membuat rangkaian sederhana yang dapat mendeteksi kebocoran gas LPG dalam ruang memasak tersebut lebih cepat. Sensor gas figaro TGS2610 ini dapat aplikasikan pada rangkaian detektor kebocoran gas LPG dan dibuat secara sederhana baik dengan mikrokontroler ataupun rangkaian analog. Sensor gas LP figaro TGS2610 membutuhkan heater dalam beroperasi, heater sensor gas LPG figaro TGS2610 ini membutuhkan tegangan sumber +5 volt DC. Begitu juga sensor gas LPG figaro TGS2610 ini membutuhkan sumber tegangan DC dalam memberikan output berupa tegangan output dari hasil pendeteksian gas LPG disekitar sensor dari perubahan resistansi internal sensor gas TGS2610 tersebut. Rangkaian dasar sensor gas figaro TGS2610 ini dapat dilihat pada gambar rangkaian berikut.

Rangkaian Dasar Aplikasi Sensor Gas LPG TGS2610

aplikasi sensor gas TGS2610,aplikasi sensor LPG TGS2610,detektor kebocoran gas LPG,sensor kebocoran gas lpg,tabung gas bocor,rangkaian aplikasi TGS2610,skema sensor gas LPG TGS2610,sensor gas TGS2610,dasar detektor gas bocor,menggunakan sensor gas TGS2610,membuat detektor tabung gas bocor,bahaya tabug gas bocor,mencegan tabung gas bocor,alarm tabung gas bocor

Daftar Komponen Rangkaian Dasar Aplikasi Sensor Gas LPG TGS2610

  • RL : 1,2 kΩ – 2,4 kΩ
  • RA : 7,5kΩ
  • RB : 1kΩ
  • RC : 4,42kΩ
  • Komparator IC LM741

Rangkaian dasar sensor gas figaro TGS2610 diatas merupakan rangkaian dasar aplikasi sensor figaro TGS2610 agar dapat digunakan sebagai detektor kebocoran gas LPG menggunakan mikrokontroller ataupun menggunakan rangkaian analog. Rangkaian diatas menggunakan sumber tegangan + 5 volt DC. Output dari rangkaian sensor figaro TGS2610 diatas berupa perubahan tegangan DC dalam bentuk logika HIGH dan LOW yang akan berubah sesuai hasil pendeteksian konsentrasi gas LPG disekitar sensor gas LGP tersebut. Dimana pada saat mendeteksi keberadaan gas LPG disekitar sensor maka rangkaian detektor gas LPG diatas akan memberikan output logika LOW dan pada saat tidak terdeteksi gas LPG maka sensor TGS2610 tersebut memberikan tegangan output logika HIGH.

Output dari rangkaian dasar sensor gas LPG figaro TGS2610 tersebut berupa logika HIGH dan LOW yang dapat diterima oleh rangkaian TTL, CMOS ataupun rangkaian microcontroler karena level logika LOW dan HIG dari output rangkaian sensor tersebut pasti mendekati 0 volt dan + 5 volt DC sehingga tidak berada di daerah ambang logika dasar TTL, CMOS maupun mikrokontroler.

Berbagi Artikel "Aplikasi Sensor Gas LPG Figaro TGS2610":

Artikel Terkait "Aplikasi Sensor Gas LPG Figaro TGS2610"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Aplikasi Sensor Gas LPG Figaro TGS2610" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Aplikasi Sensor Gas LPG Figaro TGS2610"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
5+9= (Plus)