Akurasi Sistem RFID (Radio Frequency Identification)

Monday, November 21st 2016. | Artikel Elektronika, Teori Elektronika

Akurasi RFID dapat didefinisikan sebagai tingkat keberhasilan pembaca RFID melakukan identifikasi sebuah tag yang berada pada area kerjanya. Keberhasilan dari proses identifikasi sangat dipengaruhi oleh beberapa batasan fisik, yaitu:

  • Posisi antena pada pembaca RFID
  • Karakteristik dari material lingkungan yang mencakup sistem RFID
  • Batasan catu daya
  • Frekuensi kerja sistem RFID

Akurasi Sistem RFID (Radio Frequency Identification),Akurasi RFID,Akurasi Sistem RFID Frekuensi Rendah,Akurasi Sistem RFID Frekuensi Tinggi,keberhasilan komunikasi RFID,tingkat akurasi RFID,identifikasi tag RFID,proses identifikasi tag RFID,pengaruh akurasi RFID,pengrauh akurasi RFID,yang mempengaruhi akurasi RFID,kemampuan identifikasi tag RFID,pembacaan RFID,pendeteksian RFID,pembacaan RFID,membaca RFID,orientasi RFID,performansi sistem RFID,jarak komunikasi RFID,daya RFID,lingkungan pembacaan RFID

Akurasi Sistem RFID Frekuensi Rendah

Pada frekuensi rendah, contohnya pada frekuensi 13,56 MHz, komunikasi frekuensi radio antara tag dengan pembaca RFID sangat bergantung pada daya yang diterima tag dari antena yang terhubung dengan pembaca RFID. Pada ruang bebas, intensitas dari medan magnet yang diemisikan oleh antena berkurang teradap jarak, maka  terdapat batas jarak di mana tag tidak aktif, dan komunikasi frekuensi radio tidak dapat terjadi. Pengurangan ukuran tag akan mengurangi juga batas jarak.

Komunikasi radio berkurang jika medan magnet harus menembus material yang mengurangi daya elektromagnetik, contohnya pada kasus objek dengan bahan logam. Tag RFID tidak akan terdeteksi ketika ditaruh di dalam logam, karena material logam akan meredam fluks magnet yang melalui tag secara drastis.

Orientasi dari tag sangat penting dan dapat menyebabkan medan magnet bervariasi. Jika orientasi tag RFID sejajar dengan arah propagasi energi, maka fluks adalah nol dan komunikasi radio frekuensi tidak akan terjadi walaupun jarak antara antena dan tag sangat dekat.

Akurasi Sistem RFID Frekuensi Tinggi

Pada frekuensi tinggi, perfomansi dari sistem RFID sangat bergantung pada lingkungan di mana komunikasi di antara tag dan pembaca RFID terjadi. Pada jarak tanpa hambatan proses identifikasi dapat terjadi pada jarak pada orde 10 meter. Tetapi bila ada hambatan maka jarak ini akan berkurang secara drastis.

Pada frekuensi tinggi, tag RFID bekerja secara aktif dengan daya dari batere. Akurasi dari tag RFID dapat berkurang karena kekurangan daya.

Akurasi dari sistem RFID pada umumnya sangat bergantung dari lingkungan di mana sistem RFID dioperasikan. Tantangan desain sistem RFID adalah melakukan desain infrastruktur RFID di antara lingkungan yang kurang bersahabat yang telah dijelaskan sebelumnya.

Berbagi Artikel "Akurasi Sistem RFID (Radio Frequency Identification)":

Artikel Terkait "Akurasi Sistem RFID (Radio Frequency Identification)"

Karena ilmu itu adalah cahaya yang selalu menerangi setiap kehidupan kita. Diperbolehkan meng-copy tulisan di blog ini dengan tetap menjaga amanah ilmiyah & mencantumkan URL Link alamat blog ini. Dan mohon koreksi apabila terdapat kesalahan dalam penyampaian materi. Semoga artikel "Akurasi Sistem RFID (Radio Frequency Identification)" memberikan manfaat. Terima kasih

Like Untuk Ikuti Perkembangan Materi Elektronika

Buat Pesan Untuk Artikel "Akurasi Sistem RFID (Radio Frequency Identification)"

Be nice, Keep it clean, Stay on topic and No spam.
4+8= (Plus)